Follow Us:
15:31 WIB - Wabup Pelalawan H. Nasarudin Hadiri Mubes VII Lembaga Adat Petalangan Tahun 2022 | 11:12 WIB - Helat Pelalawan ke-23, Resmi Dibuka Bupati Pelalawan H. Zukri | 11:29 WIB - Gugatan Perkara PMH Polda Riau Terhadap Houtman, Kamarudin Simanjuntak : Perlu Didalami Lagi | 17:47 WIB - Wujudkan Kepastian Hukum Bagi Industri Media, IMO-Indonesia Hadirkan 3 Institusi Penegak Hukum | 10:09 WIB - Sekda Kampar Pimpin Apel Gabungan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar | 09:56 WIB - Sekolah Sukses Abadi Bersama Vihara Metta Karuna Maitreya Selenggarakan Seminar 'Menjadi Orang Tua Bijak Dalam Pengasuhan Anak di Era Digital'
/ Ekonomi / Menteri RI Syahrul Yasin Limpo Pastikan Pasokan Jagung Ke Perusahaan Pakan Normal /
Menteri RI Syahrul Yasin Limpo Pastikan Pasokan Jagung Ke Perusahaan Pakan Normal
Selasa, 28 September 2021 - 11:37:02 WIB

TERKAIT:
   
 
Suarasindo.com | BANTEN - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi dua pabrik pakan ternak yang ada di Banten, Senin, 27 September 2021. Dua pabrik pakan itu adalah PT. Japfa Comfeed dan PT. Charoen Pokphand (CP) Indonesia. Di sana, Mentan yang didampingi jajarannya memastikan dua perusahaan pakan  tersebut menyerap  jagung dari petani dan stok nya tercukupi.

Charoen Pokphand menurut Mentan setelah melihat langsung unit pengolahan yang ada, dalam setahun CP membeli sebanyak 2,5 juta ton jagung dari petani.

"Dan tadi  kita coba cek semua proses yang ada di sini, mulai dari penerimaan  sampai tracing darimana jagung itu didapatkan, dan semua berjalan normal," katanya.

Sementara itu, stok jagung yang dimiliki Charoen Pokphand  diperkirakan cukup bertahan untuk 42 hari, setelah itu pihak pabrik akan melakukan pengadaan pembelian jagung lagi. Pada kesempatan itu, Mentan tegaskan bahwa tidak ada gangguan antara ketersediaan dengan pihak-pihak pembeli.

"Memang ada delay time panen raya yang memungkinkan terjadinya perebutan stocking antara pedagang dan pengepul. Dan dinamika itu menyebabkan kontraksi pada harga," ungkapnya.

Namun, pihak Kementan menurutnya sudah menghitung delay time tersebut terjadi 20 sampai dengan 30 hari. Sehingga ketika panen raya, Mentan berharap harga tidak anjlok tapi  berada pada titik keseimbangannya seperti biasanya.

Stok jagung diperkirakan akan bertambah  pasalnya beberapa sentra jagung memasuki masa panen yang akan berlangsung dari September hingga Oktober 2021.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan Badan Ketahanan Pangan (BKP), stok jagung nasional pada minggu IV (20 September 2021) mencapai 2,75 juta ton.

Stok tersebut tersebar, dengan rincian 856.897 ton (31%) berada di pabrik pakan; 744.250 ton (27%) di pengepul; 423.502 ton (15%) di agen; 288.305 ton (11%) di pengecer; 276.300 ton (10%) di usaha lain atau pakan mandiri; dan sisanya 6% berada di industri pangan, rumah tangga, dan lain-lain.

Mentan menambahkan ia telah melakukan pengecakan dan semua dalam kondisi stabil, baik di Japfa dan Pokphand. Dua perusahaan ini menjadi barometer dalam pembelian jagung, dan industri terbesar pakan ternak.

"Perintah Bapak Presiden agar semua menterinya turun. Saya bertanggung jawab di produksinya. Tentu ada menteri lain yang bertanggung jawab terhadap harga dan lainnya, dan kerjasama ini harus dilakukan dengan baik,” tegas SYL.

Mentan menutup dengan harapannya semua happy, baik jagung, dan telur harganya bagus, sehingga Industri juga bisa berkembang. Horeka dan masyarakat luas juga daya belinya kembali normal agar produk pertanian kita tidak over supply. ( Media SHI Group/Etili Hulu)

Sumber : Sekjen Kementan RI
Editor : Mesra


Berita Lainnya :
  • Wabup Pelalawan H. Nasarudin Hadiri Mubes VII Lembaga Adat Petalangan Tahun 2022
  • Helat Pelalawan ke-23, Resmi Dibuka Bupati Pelalawan H. Zukri
  • Gugatan Perkara PMH Polda Riau Terhadap Houtman, Kamarudin Simanjuntak : Perlu Didalami Lagi
  • Wujudkan Kepastian Hukum Bagi Industri Media, IMO-Indonesia Hadirkan 3 Institusi Penegak Hukum
  • Sekda Kampar Pimpin Apel Gabungan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar
  • Sekolah Sukses Abadi Bersama Vihara Metta Karuna Maitreya Selenggarakan Seminar 'Menjadi Orang Tua Bijak Dalam Pengasuhan Anak di Era Digital'
  • H. Amir Syarifuddin : Hadirnya IKN Berdampak Positif Bagi Angkutan Kota Balikpapan, Jumlah Penumpang Mengalami Peningkatan
  • Mendag Minta Pemda Siapkan Subsidi Ongkos Angkut, Untuk Mendag Minta Pemda Siapkan Subsidi Ongkos Angkut
  • Harga Sejumlah Bahan Pokok Naik Menjelang dan Tahun Baru
  •  
    Komentar Anda :
       
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017