Follow Us:
11:52 WIB - Ketua Mahkamah Agung RI Lantik 14 Ketua Pengadilan Tinggi Dan 1 Ketua PT TUN | 22:16 WIB - Dua Kali Sidang Terdakwa AG Ditunda, Pihak Lapas Bangkinang Dikonfirmasi Bungkam | 13:15 WIB - Wabup Siak Husni Lantik 37 Penjabat Penghulu, Di Balairung Datuk Empat Suku | 17:05 WIB - Wabup Siak Sampaikan Belasungkawan Atas Musibah Kebakaran | 16:46 WIB - Penebaran Bibit Ikan Di Objek Wisata Tebat Gheban | 13:31 WIB - Mahasiswa Antusias Vaksinasi Merdeka Serentak, Di Tiga Kampus Pekanbaru
/ Rokan Hulu / MTQ Pemkab Rohul ke -21 Dilaksanakan, Diharapkan Lahirkan Qori-qoriah Yang Unggul /
MTQ Pemkab Rohul ke -21 Dilaksanakan, Diharapkan Lahirkan Qori-qoriah Yang Unggul
Senin,, 26 Juli 2021 - 00:00:16 WIB
Suarasindo.com | ROKAN HULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau laksanakan acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke -21, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. MTQ.ke-21 dengan tema ” Kita Berupaya Menjadi Insan Yang Qur”ani Menuju Rokan Hulu Maju”.

MTQ di Rohul melaksanakan berbagai  festival untuk mengagungkan nilai-nilai Alquran. Pada festival ini dengan melaksanakan berbagai perlombaan diantaranya mengaji, membaca, menghafal Ayat-ayat Al-Qur'an guna peningkatan iman kepada Alah SWT.

MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), resmi dibuka oleh Bupati H. Sukiman di Convetation Hal Mesjid Agung Islamic Centre (MAIC) Pasirpangaraian, Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah Senin, (26/7/2021) ditandai Pemukulan Beduq.

Turut dihadiri Wakil Bupati H. Indra Gunawan, Sekeretaris Daerah (Sekda) H.Abdul Haris, S.Sos, M.Si, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua DPRD Novliwanda Ade Putra, ST. M.Si, Kapolres AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, S.I.K, M.H, Kajari Kajari Pri Wijeksono S.H. M.H, Kakan Kemenag H. Alfrialsah Lubis, Danramil 02 Rambah mewakili Dandim, mewakili Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kalapas Kelas II B Pasirpangaraian.

Ada Wakil Ketua LPTQ Riau Yuhendri Tarmizi, Ketua Pelaksana Um Zakirman dan Kepala OPD Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu,serta para Camat Se Kabupaten Rokan Hulu ,Dewan Juri dan Para perwakilan Kafilah.

Dalam laporannya Ketua Panitia pelaksanaan MTQ Ke-21 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2021, Um Zakirman menyampaikan bahwa, tujuan dilaksanakannya MTQ ini, untuk meningkatkan rasa cinta terhadap Al- Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kemudian untuk melahirkan Qori-qoriah Hafidz-Hafidzah terbaik untuk utusan Kabupaten Rokan Hulu ke tingkat MTQ  Provinsi Riau yang akan datang," kata Um Zakirman yang juga Kepala Bagian (Kabag) Kesehatan Masyarakat (Kesra) Setdakab Rokan Hulu.

Lanjutnya, pelaksanaan MTQ ini, selama 5 hari, dimulai dari hari ini Senin tanggal 26 sampai 30 Juli 2021, di Masjid Agung Islamic Centre (MAIC) kebanggaan Kabupaten Rohul yang sudah menjadi Icon Nasional dan terkenal di tingkat Asia itu.

"MTQ ke XXI Tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2021 memperlombakan Dua Cabang Perlombaan yakni Cabang Tilawatil Qur’an yang Terdiri dari Golongan Tartil Quran Tilawah Anak Anak, Remaja, Dewasa dan Qiroat sabaah mujawat dewasa dan Cabang Hifzil Quran yakni Tahfiz 1 jus dan tilawah.

Selanjutnya, Tahfiz 5 jus dan tilawah, Tahfiz 10, 20 dan 30 jus," tuturnya. Dan ia juga menjelaskan Dewan hakim berasal dari Provinsi Riau sebanyak 10 orang dan Kabupaten Rokan Hulu yang tentunya kompeten dibidangnya.

"Sedangkan yang berprestasi selama perlombaan MTQ Kabupaten Rokan Hulu, untuk juara 1,2 dan 3 serta harapan 1 dan 2 akan diberikan uang pembinaan, piala serta sertifikat sedangkan untuk harapan 3 hanya akan diberikan sesuai yang tertuang dalam DPA Sekretaris Daerah Rokan Hulu," ucapnya.

Pada acara tersebut, juga Pelantikan Dewan Hakim yang dilaksanakan oleh Bupati Rokan Hulu H.Sukiman dan dilanjutkan dengan penyerahan kembali Piala Bergilir kepada Panitia MTQ ke XXI Tingkat Kabupaten Rokan Hulu dari Kecamatan Kabun yang menjadi Juara Umum pada MTQ ke XX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2020 lalu.

Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman menghapakan kepada dewan hakim yang telah dilantik, agar dapat melakukan tugasnya dengan jujur dan amanah serta Objektif dalam memberikan penilaian.

"Sehingga selama pelaksanaan MTQ ini, kiranya mampu meningkatkan pengetahuan umat muslim dalam seni membaca Alquran terutama ditengah Pandemi Covid-19 ini supaya kita semua terhindar wabah Pandemi Covid-19 ini," kata Sukiman.

“Mari sama-sama kita berdoa agar MTQ dapat berjalan dengan lancar, sehat dan bebas dari Covid 19 dan dengan MTQ ini Covid 19 benar benar hilang dari Negeri kita Rokan Hulu,” tambahnya lagi.

Sukiman juga beri ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam kesuksesan pelaksanaan MTQ ini, dan tentunya selama pelaksanaan MTQ ini agar dapat dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Dihimbau selama pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu ke 21, tetap menerapkan Protokol Kesehatan," pungkasnya. (Fah/SHI Group)


Berita Lainnya :
  • Ketua Mahkamah Agung RI Lantik 14 Ketua Pengadilan Tinggi Dan 1 Ketua PT TUN
  • Dua Kali Sidang Terdakwa AG Ditunda, Pihak Lapas Bangkinang Dikonfirmasi Bungkam
  • Wabup Siak Husni Lantik 37 Penjabat Penghulu, Di Balairung Datuk Empat Suku
  • Wabup Siak Sampaikan Belasungkawan Atas Musibah Kebakaran
  • Penebaran Bibit Ikan Di Objek Wisata Tebat Gheban
  • Mahasiswa Antusias Vaksinasi Merdeka Serentak, Di Tiga Kampus Pekanbaru
  • Satgas Ingatkan Indonesia Pentingnya Kewaspadaan Cegah Gelombang Ketiga Covid-19
  • Polres Pagar Alam Sumsel  Serta Jajaran Laksanakan Syukuran Hari Jadi Lalulintas Bayangkara Yang ke 66
  • Penasehat DWP Kabupaten Pelalawan Hadiri Acara Dharma Wanita Kabupaten Pelalawan
  •  
    Komentar Anda :
       
    FOTO


     
    Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara RI (LPPN-RI)
     
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017