Follow Us:
11:29 WIB - Gugatan Perkara PMH Polda Riau Terhadap Houtman, Kamarudin Simanjuntak : Perlu Didalami Lagi | 17:47 WIB - Wujudkan Kepastian Hukum Bagi Industri Media, IMO-Indonesia Hadirkan 3 Institusi Penegak Hukum | 10:09 WIB - Sekda Kampar Pimpin Apel Gabungan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar | 09:56 WIB - Sekolah Sukses Abadi Bersama Vihara Metta Karuna Maitreya Selenggarakan Seminar 'Menjadi Orang Tua Bijak Dalam Pengasuhan Anak di Era Digital' | 10:01 WIB - H. Amir Syarifuddin : Hadirnya IKN Berdampak Positif Bagi Angkutan Kota Balikpapan, Jumlah Penumpang Mengalami Peningkatan | 16:07 WIB - Mendag Minta Pemda Siapkan Subsidi Ongkos Angkut, Untuk Mendag Minta Pemda Siapkan Subsidi Ongkos Angkut
/ Ekonomi / Prumda Rokan Hulu Jaya, Bunga Dari Dana Deposito Rp 35 M Setiap Bulannya Rp 125 Juta Digunakan Operasional. /
Prumda Rokan Hulu Jaya, Bunga Dari Dana Deposito Rp 35 M Setiap Bulannya Rp 125 Juta Digunakan Operasional.
Selasa, 13 Juli 2021 - 06:06:54 WIB
Prumda Rokan Hulu Jaya, Bunga Dari Dana Deposito Rp 35 M Setiap Bulannya Rp 125 Juta Digunakan Operasional..
TERKAIT:
   
 
Suarasindo com-Rokan Hulu - Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah Rokan Hulu Jaya (Perumda RHJ) yang berkantor di Pasar Modern Pasirpengaraian, Kampung Padang, Desa Rambah Tengah Utara (RTU),  Kecamatan Rambah, Marjeni mengakui adanya Dana Deposito Rp 35 Miliar  yang merupakan penanaman modal Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Setiap bulannya menghasilkan bunga sebesar Rp.125 juta, tercatat dalam pembukuan Perumda RHJ yang mana oleh pihak manajemennya digunakan untuk menutupi biaya operasional perusahaan

Demikian dijelaskan Marjeni kepada wartawan saat Bincang-Bincang di Pasirpengaraian Senin, (12/7/2021). Lanjutnya, semenjak dirinya menjabat Dirut Perumda RHJ bersama jajarannya , semua dana, aset, dari hulu ke hilir sudah dicatat dan  sudah dipaparkan secara transparan pada saat Pembahasan Perubahan Peraturan Daerah (Perda) yang sebelumnya hanya bidang kelistrikan berubah menjadi berbagai bidang usaha, yang sudah disahkan menjadi  menjadi Revisi Perda  penyertaan modal dan investasi oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Rohul.

Diakui Marjeni adanya penyertaan modal Pemda  Rohul, yang berasal dari dana APBD Rokan Hulu di Perumda RHJ sebesar Rp 35 Miliar. Dana tersebut tersimpan di 5 Bank yakni di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pasirpangaraian, Bank Riau Kepri Syariah, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Rokan Hulu.

Dana 35 M ini, merupakan sisa dari penyertaan modal Pemerintah semula sebesar Rp 45 miliar, yang mana sekitar Rp7,9 miliar digunakan untuk uang muka pengadaan genset. dana tersebut bermasalah karena pengadaan genset tsb gagal tidak dapat diselesaikan saat itu, atas permasalahan hukum tsb sudah tuntas dan selesai dengan adanya Putusan Mahkamah Agung yg merupakan kekuatan hukum tetap. Dan sekitar Rp 1.6 miliar  dipergunakan untuk pembelian aset tanah yang berada di Desa Tanjung Belit kurang lebih 3 hektar, Untuk keperluan Pembangunan Gardu Induk PLN.

"Sementara sekitar Rp 35 miliar sisa modal investasi Pemkab Rohul tersebut, tersimpan di 5 Bank dengan bunga deposito sebesar Rp 125 Juta/bulannya. Dana Deposito Rp 35 M  masih utuh belum dimanfaatkan untuk investasi pada program Perumda sesuai Perda yang sudah disahkan. Kita baru berencana mengajukan izin  kepada Bapak Bupati Rokan Hulu untuk investasi sebesar Rp 1 Miliar untuk investasi di bidang Pembelian Buah (PB) Tandan Buah Sawit yang rencananya kerjasama dengan beberapa Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS), perencanaan tsb masih dalam proses penyusunan " kata Marjeni.

Marjeni yang sudah berpengalaman di bidang Perbankan ini juga menguraikan bahwa total biaya Operasional Perumda RHJ sebesar Rp 350 juta/bulannya. "Sehingga dari bunga deposito yang Rp 35 miliar tersebut, sebesar Rp 125 juta dipakai untuk menutupi biaya operasional  ditambah pendapatan lain dari sewa lapak dan kios,  Pendapatan parkir dan lain lain, mencapai Rp 300 Juta/bulannya. Sehingga secara keseluruhan bisa menutupi biaya operasional. Disamping hal tersebut kami berkontribusi untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Rohul/pertahunnya sebesar Rp.222 juta ," jelas Dirut Perumda RHJ.

Masih Marjeni berharap Perumda RHJ ini kedepan semakin maju dan akan meningkatkan PAD yang berasal dari laba akan dihasilkan dari investasi  Dana Deposito Rp 35 Miliar tersebut, ke berbagai jenis usaha yang  dikembangkan berdasarkan Perda yang sudah disahkan, setelah adanya persetujuan dari Bapak Bupati - Wakil Bupati Rokan Hulu.

"Intinya, dari Manajemen Perumda RHJ, terus berupaya semampu kami untuk meningkatkan PAD dari Perumda RHJ, baik dari restribusi parkir, restribusi sampah, pembayaran sewa atas asset pemda,  juga dari deviden atas laba Perumda RHJ.

Dalam rangka menggali sumber pendapatan lainnya Perumda RHJ telah memproduksi dan memasarkan 3 Corak Batik Rokan Hulu yang sudah dipatenkan Hak Ciptanya oleh Perumda RHJ yakni: *Suluo Kekaik, Sesuli Banja dan Sicuriang* yang merupakan hasil kerja sama Perumda RHJ dengan Junaidi Syam (Jon Kobet) Maestro Seniman Kabupaten Rokan Hulu," tutur Marjeni.

Menjawab surat terbuka yang sudah beredar tersebut, jawab Dirut Perumda RHJ, semuanya sudah masuk dan dibahas tuntas dalam pembahasan Ranperda saat itu di DPRD Rohul, dan sebelumnya sudah ada audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) dan audit Internal Pemkab Rohul oleh Inspektorat, sehingga Perda nya sudah resmi diketok palu. (Fah/SHI Group)


Berita Lainnya :
  • Gugatan Perkara PMH Polda Riau Terhadap Houtman, Kamarudin Simanjuntak : Perlu Didalami Lagi
  • Wujudkan Kepastian Hukum Bagi Industri Media, IMO-Indonesia Hadirkan 3 Institusi Penegak Hukum
  • Sekda Kampar Pimpin Apel Gabungan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar
  • Sekolah Sukses Abadi Bersama Vihara Metta Karuna Maitreya Selenggarakan Seminar 'Menjadi Orang Tua Bijak Dalam Pengasuhan Anak di Era Digital'
  • H. Amir Syarifuddin : Hadirnya IKN Berdampak Positif Bagi Angkutan Kota Balikpapan, Jumlah Penumpang Mengalami Peningkatan
  • Mendag Minta Pemda Siapkan Subsidi Ongkos Angkut, Untuk Mendag Minta Pemda Siapkan Subsidi Ongkos Angkut
  • Harga Sejumlah Bahan Pokok Naik Menjelang dan Tahun Baru
  • Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXIII Metode Blended Learning Tahun Anggaran 2022 Resmi di Tutup
  • Dirgahayu HUT PGRI, HGN dan KORPRI. Bupati Empat Lawang Peduli Pendidikan dan Masyarakat Bawah
  •  
    Komentar Anda :
       
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017