Follow Us:
10:22 WIB - Wagubri Berterima Kasih Kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Riau | 10:19 WIB - KPK Memanggil Wakil Ketua DPR RI Terkait Kasus Suap Yang Menjerat Penyidik | 10:01 WIB - Kemenkum HAM wilayah Riau Menegaskan Selama Corona Tidak Ada Wisman Yang Masuk Riau | 09:50 WIB - Politikus PKS Heran Orang Yang Antimasker Bisa Menjadi Duta Masker | 09:39 WIB - Pemerintah Kota Depok Di minta Gelar Salad ID Di Rumah Bagi Warga Di Zona Oranye dan Merah | 09:29 WIB - Gunakan Modus Ini Dosen Unej Cabuli Keponakan Resmi Ditahan
/ Nasional / Tenggelamnya Nanggala-402, Menhan Korsel Bersurat ke Prabowo Sampaikan Belangsungkawa /
Tenggelamnya Nanggala-402, Menhan Korsel Bersurat ke Prabowo Sampaikan Belangsungkawa
Jumat, 30 April 2021 - 10:33:59 WIB
SuaraSindo.com, Jakarta - Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan 53 prajurit di dalamnya gugur. Kapal ini ditemukan pada Minggu setelah menghilang sejak Rabu lalu. Kapal ditemukan terbelah menjadi tiga bagian.

Ungkapan dukacita mengalir dari berbagai pihak, termasuk Menteri Pertahanan (Menhan) Korea Selatan, Suh Wook. Menhan Suh Wook bersurat ke Menhan RI, Prabowo Subianto mengungkapkan belasungkawa atas musibah yang menimpa KRI Nanggala-402 dan para prajurit di dalamnya.

“Menteri Pertahanan Republik Korea, Suh Wook mengirim surat kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto untuk menyampaikan duka cita atas musibah KRI Nanggala-402,” jelas Atase Pertahanan Kedutaan Besar Korea Selatan untuk RI, Kapten (AL) Jung Yeunsoo melalui siaran pers yang diterima merdeka.com, Senin (26/4).

Jung mengatakan, ungkapan duka cita juga disampaikan melalui akun Facebook resmi Kementerian Pertahanan Korea Selatan, yang ditulis dalam bahasa Korea.

Dalam surat Menhan Korsel kepada Prabowo, disampaikan bahwa Korea Selatan siap memberikan dukungan penuh terhadap Indonesia.

“Menteri Suh juga berharap agar Indonesia segera mengatasi situasi dan menyampaikan harapannya agar TNI RI dapat terus berjaya sebagai tentara yang tangguh,” pungkasnya.

KRI Nanggala-402 yang sedang dalam misi latihan penembakan torpedo itu ditemukan di perairan Bali. Badan kapal ditemukan pada 25 April kemarin sekitar pukul 01.00 WITA setelah KRI Rigel-933 melalui multibeam echosounder menemukan kontak bawah air yang signifikan di sekitar lokasi posisi jatuh atau saat tenggelamnya pada kedalaman 838 meter. Kemudian karena peralatan KRI Rigel hanya mampu 800 meter sehingga dilanjutkan pengambilan detailnya oleh MV Swift Rescue kapal bantuan Singapura.

Selanjutnya benda tersebut diidentifikasi MV Swift Rescue pada 07.37 WITA, yang menurunkan ROV menindak lanjuti kontak bawah laut yang diberikan KRI Rigel-933. Pada pukul 09.04 WITA, ROV mendapatkan kontak visual terletak pada koordinat 07° 48' 56'' S - 114° 51' 20" T tepat dari datum kurang lebih 1500 yard di selatan pada kedalaman 838 meter terdapat bagian-bagian KRI Nanggala-402. [rilis]

sumber  Merdeka.com


Berita Lainnya :
  • Wagubri Berterima Kasih Kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Riau
  • KPK Memanggil Wakil Ketua DPR RI Terkait Kasus Suap Yang Menjerat Penyidik
  • Kemenkum HAM wilayah Riau Menegaskan Selama Corona Tidak Ada Wisman Yang Masuk Riau
  • Politikus PKS Heran Orang Yang Antimasker Bisa Menjadi Duta Masker
  • Pemerintah Kota Depok Di minta Gelar Salad ID Di Rumah Bagi Warga Di Zona Oranye dan Merah
  • Gunakan Modus Ini Dosen Unej Cabuli Keponakan Resmi Ditahan
  • PH Teddy Mirza Dall Sebut, Putusan MARI Tolak Kasasi Pemkab Rohul.
  • Kemensos lakukan Pemberdayaan Rekam Nik Suku Anak Dalam Agar Bisa mengakses Bansos
  • DPR Menggelar Rapat Paripurna Terkait Pembukaan Sidang V 2020-2021 Hari Ini
  •  
    Komentar Anda :
       
    FOTO
    Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara RI (LPPN-RI)
    Lima Wanita Berpakaian Seksi Demo di KPK
     
    Buruh Dukung KPK
     
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017