Follow Us:
10:22 WIB - Wagubri Berterima Kasih Kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Riau | 10:19 WIB - KPK Memanggil Wakil Ketua DPR RI Terkait Kasus Suap Yang Menjerat Penyidik | 10:01 WIB - Kemenkum HAM wilayah Riau Menegaskan Selama Corona Tidak Ada Wisman Yang Masuk Riau | 09:50 WIB - Politikus PKS Heran Orang Yang Antimasker Bisa Menjadi Duta Masker | 09:39 WIB - Pemerintah Kota Depok Di minta Gelar Salad ID Di Rumah Bagi Warga Di Zona Oranye dan Merah | 09:29 WIB - Gunakan Modus Ini Dosen Unej Cabuli Keponakan Resmi Ditahan
/ Nasional / Aparat Gabungan TNI - Polri Kontak Senjata Dengan KKB di Kabupaten Puncak, Papua Satu Anggota Brimob Gugur /
Aparat Gabungan TNI - Polri Kontak Senjata Dengan KKB di Kabupaten Puncak, Papua Satu Anggota Brimob Gugur
Rabu, 28 April 2021 - 08:55:48 WIB
SuaraSindo.com, ILAGA - Kontak senjata antara pasukan keamanan dari TNI - Polri yang tergabung dalam Tim Satgas Operasi Nemangkawi dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau yang kerap mengklaim diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Lekagak Telenggen kembali terjadi di wilayah Distrik Ilaga Utara kabupaten Puncak Papua, Selasa (27/4/2021) sekitar pukul 08.00 WIT.

"Kontak senjata terjadi pada hari ini Selasa tanggal 27 April 2021, sekitar Pukul 08.00 Wit, bertempat di sekitar Markas Lumawi, Kamp. Makki, Distrik Ilaga utara, Kab. Puncak telah terjadi Kontak tembak, antara Tim Satgas Ops Nemangkawi Polri & TNI dengan kelompok KKB pimpinan Lekagak Telenggen," sebut sumber MNC Portal Indonesia.

Dalam kontak tembak tersebut, seorang anggota Brimob gugur di medan tugas. Anggota Brimob yang tewas bernama Bharada Komang sedangkan dua anggota polisi lainnya dilaporkan luka-luka. Korban luka masing-masing Ipda Anton Tonapa, Danton Bravo 9 Belukar, korban mengalami luka tembak pada bagian bahu dan Bripda Wily, korban mengalami luka tembak pada bagian paha atas.

Sementara itu 5 anggota KKB dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut. Hingga saat ini, dari informasi yang didapatkan dari lokasi kejadian, aparat keamanan gabungan Polri dan TNI masih melakukan upaya Evakuasi, oleh helli Karakal dari Bandara Ilaga menuju TKP di Kamp. Lumawi, untuk dievakuasi ke Bandara Timika.

"Masih terus diupayakan evakuasi, belum bergerak karena heli Karakal masih ditembaki oleh kelompok KKB dan sementara masih standby di Bandara Aminggaru Ilaga untuk melakukan evakuasi lanjutan." Ujar sumber MNC Portal Indonesia seperti di lansir Okezone.com.

Rencana alternatif akan dilakukan evakuasi melalui jalan darat menggunakan kendaraan roda empat, apabila heli Karakal tidak bisa tembus masuk ke Markas Lumawi.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri yang dikonfirmasi membenarkan telah terjadi kontak senjata yang menyebabkan seorang prajurit Brimob Polri Gugur dalam kejadian tersebut yang terjadi di dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua.

"Ia betul telah terjadi kontak tembak pada hari Selasa, seorang satu anggota Brimob yakni Bharada I Komang meninggal, sedang dua lainnya terluka. Untuk Proses evakuasi saat ini sedang berlangsung," kata Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Fakhiri mengatakan, baku tembak antara TNI-Polri dengan KKB terjadi sekitar pukul 11.30 WIT, namun saat ini pengejaran masih berlangsung. "Belum bisa dipastikan itu dari kelompok mana, karena anggota masih melakukan pengejaran dan sebagian melaksanakan evakuasi korban," ujar Fakhiri.

By (Ricky M. Hulu/ SHI Group)


Berita Lainnya :
  • Wagubri Berterima Kasih Kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Riau
  • KPK Memanggil Wakil Ketua DPR RI Terkait Kasus Suap Yang Menjerat Penyidik
  • Kemenkum HAM wilayah Riau Menegaskan Selama Corona Tidak Ada Wisman Yang Masuk Riau
  • Politikus PKS Heran Orang Yang Antimasker Bisa Menjadi Duta Masker
  • Pemerintah Kota Depok Di minta Gelar Salad ID Di Rumah Bagi Warga Di Zona Oranye dan Merah
  • Gunakan Modus Ini Dosen Unej Cabuli Keponakan Resmi Ditahan
  • PH Teddy Mirza Dall Sebut, Putusan MARI Tolak Kasasi Pemkab Rohul.
  • Kemensos lakukan Pemberdayaan Rekam Nik Suku Anak Dalam Agar Bisa mengakses Bansos
  • DPR Menggelar Rapat Paripurna Terkait Pembukaan Sidang V 2020-2021 Hari Ini
  •  
    Komentar Anda :
       
    FOTO
    Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara RI (LPPN-RI)
    Lima Wanita Berpakaian Seksi Demo di KPK
     
    Buruh Dukung KPK
     
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017