Follow Us:
10:22 WIB - Wagubri Berterima Kasih Kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Riau | 10:19 WIB - KPK Memanggil Wakil Ketua DPR RI Terkait Kasus Suap Yang Menjerat Penyidik | 10:01 WIB - Kemenkum HAM wilayah Riau Menegaskan Selama Corona Tidak Ada Wisman Yang Masuk Riau | 09:50 WIB - Politikus PKS Heran Orang Yang Antimasker Bisa Menjadi Duta Masker | 09:39 WIB - Pemerintah Kota Depok Di minta Gelar Salad ID Di Rumah Bagi Warga Di Zona Oranye dan Merah | 09:29 WIB - Gunakan Modus Ini Dosen Unej Cabuli Keponakan Resmi Ditahan
/ Rokan Hulu / HUT OTDA Ke XXV, Plh Bupati : Hakikat Otonomi Daerah Tingkatkan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat /
HUT OTDA Ke XXV, Plh Bupati : Hakikat Otonomi Daerah Tingkatkan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat
Selasa, 27 April 2021 - 09:33:41 WIB
SuaraSindo.com, ROKAN HULU – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rokan Hulu (Rohul) Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengikuti Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXV secara virtual yang dipimpin oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, dilantai III Kantor Bupati, Senin (26/04/21).

Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 ini dengan mengusung tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju,” menjadi momentum kepala daerah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Usai Perigatan OTDA ke XXV, Plh Bupati Rokan Hulu Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si kepada Media Center Diskominfo Rohul mengatakan momentum Peringatan OTDA ke XXV ini Pemkab Rohul terus berupaya melakukan inovasi dan terobsan dalam peningkatan kualitas pelayanan masyarakat dan pembangunan.

“Hakikat dari otonomi daerah itu kita berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan pembangunan terhadap masyarakat. Kita melihat dengan adanya otonomi daerah yaitu kepercayaan Pemerintah Pusat ke Pemerintah daerah dimana daerah memiliki kewenangan tentunya salah satu yang paling kita rasakan Rokan Hulu ini pasca terbentuk Kabupaten,” jelasnya

Tambah Plh Bupati, Kabupaten Rohhul terbentuk tidak terlepas dari adanya Otonomi Daerah yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. Terbentuknya Kabupaten di Rohul juga sangat berpengaruh terhadap kemajuan, baik kemajuan disektor Pembangunan infrastruktur dan kesejahteraa masyarakat.

“Jadi sangat banyak manfaat Otonomi Daerah baik di bidang Pemeritahan, Pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam pelaksanaan otonomi daerah ini tentunya Pemerintah Pusat memiliki konsep-konsep tertentu terkait kewenangan yang diberikan kepada daerah,” terangnya

“Seperti yang disampaikan oleh Mendagri tadi, Pemda membutuhkan atau menuntut diberikan otonomi seluas-luasnya atau kewenangan yang sangat luas tetapi tentunya Pemeritah Pusat juga melihat dan mengendalikan mana yang bisa menjadi kewenagan pusat dan daerah,” kata Haris

Lanjutnya, Hal tersebut merupakan satu tujuan bagaimana OTDA ini betul-betul terlaksana sesuai dengan konsep awal dapat mencapai tujuan yang diharapkan baik oleh Pemerintah Pusat dan Daerah saat otonomi daerah ini untuk kepentingan masyarakat.

Sebelumnya, dalam Virtual itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Tito Kanarvian mengawali pengarahannya menyampaikan pada peringatan Hari Otda ke 25 diperingati setiap pada tanggal 25 April.

"Seyogyanya tanggal 25 April 2021 dilaksanakannya Hari Otda namun karena hari Minggu, maka baru hari ini dilaksanakan peringatannya," kata Mendagri.

Ia mengatakan hal tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 11 Tahun 1996 pada tanggal 7 Februari 1996 yang menetapkan tanggal 25 April sebagai Hari Otda.

Disebutkan Menteri Tito, tema yang diusung pada Hari Otda ini yaitu membangun semangat kerja dan meningkatkan gotong-royong masa Pandemi Covid 19 untuk masyarakat yang sehat, ekonomi yang bangkit dan Indonesia maju.

"Peringatan Hari Otda Tahun 2021 ini menegaskan kembali pentingnya otonomi daerah dengan keberagaman yang dibalut dalam bingkai otonomi daerah," ucapnya.

Menteri Tito menambah dengan keberagaman dalam bingkai otonomi daerah ini tentunya menjadi modal besar untuk menciptakan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. (Adv/MC Diskominfo Rohul)


Berita Lainnya :
  • Wagubri Berterima Kasih Kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Riau
  • KPK Memanggil Wakil Ketua DPR RI Terkait Kasus Suap Yang Menjerat Penyidik
  • Kemenkum HAM wilayah Riau Menegaskan Selama Corona Tidak Ada Wisman Yang Masuk Riau
  • Politikus PKS Heran Orang Yang Antimasker Bisa Menjadi Duta Masker
  • Pemerintah Kota Depok Di minta Gelar Salad ID Di Rumah Bagi Warga Di Zona Oranye dan Merah
  • Gunakan Modus Ini Dosen Unej Cabuli Keponakan Resmi Ditahan
  • PH Teddy Mirza Dall Sebut, Putusan MARI Tolak Kasasi Pemkab Rohul.
  • Kemensos lakukan Pemberdayaan Rekam Nik Suku Anak Dalam Agar Bisa mengakses Bansos
  • DPR Menggelar Rapat Paripurna Terkait Pembukaan Sidang V 2020-2021 Hari Ini
  •  
    Komentar Anda :
       
    FOTO
    Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara RI (LPPN-RI)
    Lima Wanita Berpakaian Seksi Demo di KPK
     
    Buruh Dukung KPK
     
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017