Follow Us:
07:55 WIB - Tolak Revisi UU Penyiaran Yang Membelenggu Kebebasan Pers | 23:52 WIB - SMPN 4 Pekanbaru Gelar Pelepasan dan Perpisahan Siswa/i Kelas IX Tahun 2024 | 08:26 WIB - Bunda Paud Pelalawan Sella Pitaloka,S.AP Hadiri Kegiatan Pelepasan Pawai Akbar dan TK se-Kecamatan Sei Kijang | 18:32 WIB - Eggi Sudjana dan Andy Chandra: Harapan Baru DKI Jakarta dari Jalur Independen | 14:57 WIB - Jemaah Calon Haji Kabupaten Pelalawan Dilepas Oleh Bupati Zukri Menuju Bandara Sultan Syarif Qasim, Pekanbaru | 12:09 WIB - Apindo Banten Minta Audiensi dengan Ombudsman RI Bahas Kendala Industri
/ Daerah / Belajar Dengan Pola Buku Digital Dapat Meningkatkan Mutu Tenaga Kependidikan /
Belajar Dengan Pola Buku Digital Dapat Meningkatkan Mutu Tenaga Kependidikan
Kamis, 25 Mei 2023 - 11:29:06 WIB

TERKAIT:
   
 
suarasindo.com, PANGKALPINANG - Sebagai bentuk upaya meningkatkan mutu pendidikan di tiap sekolah khususnya di kalangan para tenaga pendidik tingkat SMA/SLB negeri maupun swasta, pihak intansi terkait Dinas Pendidikan (Disdik) kali ini mencoba memperkenalkan program belajar-mengajar dengan sarana 'Buku Digital'.

Oleh karenanya pihak Disdik Provinsi Bangka Belitung (Babel) melalui Cabdin Disdik Wilayah II Bangka menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) khusus tenaga kependidikan SMA/SLB. Kegiatan tersebut digelar sejak Selasa (23/5/2023) hingga berakhir Kamis (25/5/2023) nanti bertempat di gedung pertemuan Parai Beach Hotel & Resort, Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Ketua pelaksana kegiatan, Heru Kailani mengatakan dalam kegiatan ini diikuti para peserta dari kalangan tenaga kependidikan SMA/SLB di wilayah Kabupaten Bangka.

Pembukaan kegiatan acara ini dihadiri  kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kadisdik Provinsi Babel), Ervawi, S.Pd, M.Pd, M.Si dalam sambutannya menyampaikan perihal peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

Bahkan ia pun berpesan kepada peserta dalam mengimplementasikan  kurikulum merdeka guru mampu mengetahui potensi, minat, bakat peserta didik, dimana faktor yang mempengaruhi kesuksesan peserta didik pengetahuan, keterampilan, jaringan/relasi, dan yang paling utama adalah peserta memiliki karakter yang baik (beriman, bertaqwa dan berahkhlak mulia).

Selain itu di waktu yang sama turut pula hadir Kepala Balai Guru Penggerak (BPG) Provinsi Kep. Bangka Belitung, Agus Setiawan, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan perihal Kurikulum Merdeka.

Dalam kegiatan bimtek kali ini pun para peserta berjumlaj 100 lebih orang tersebut mendapat bekal pula seputar pengenalan program belajar-mengajar atau Media Pembelajaran Buku Digital, Y – books, dan pengembangnan aplikasi E Rapor disampaikan oleh Risman, S.Si, M.Pd  selaku kepala Departemen Multi Media Penerbit Yusitira.

Risman mengatakan dalam kegiatan ini sharing membagi informasi berkaitan dengan buku digital dan y-books sebagai media pembelajaran untuk membantu guru mempresentasikan pembelajaran di dalam kelas.

Lanjutnya, buku digital interaktif yang bisa di pakai oleh guru dan siswa sebagai sumber belajar yang bisa digunakan secara online dan offline, sehingga mempermudah guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas bagian dari teknologi buku digita interaktif (education 4,0) sangat mendukung kesuksesan belajar mengajar dalam mengimplemetasikan kurikulum  merdeka (merdeka mengajar dan merdek belajar).

Tak cuma itu, para peserta pun mendapat wawasan pula dari Evan Irawan Akbar seorang dosen asal Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung atau salah satu tim olimpiade sains di Nasional. Para peserta pun dalam kegiatan bimtek kali ini disajikan dengan materi 'Strategi Menjuarai Olimpiade Sains'.

Lanjut Heru, kegiatan Bimtek Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Jenjang SMA/SLB Tahun 2023 yang dilaksanakan Cabang Dinas Wilayah II Kabupaten Bangka bertujuan meningkatkan kemampuan pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru.

Hal ini pun keterkaitan dalam memahami pengertian, tujuan kurikulum merdeka, sehingga kurikulum merdeka belajar dapat diimplementasikan secara optimal  di SMA/SLB sesuai dengan kondisi dan kesiapan sekolah;

"Kami juga  berharap peserta setelah mengikuti kegiatan ini dapat mengimplemetasikan kurikulum merdeka dan mampu menyiapkan peserta didik menjadi insan yang Cerdas, Kompetitip dan Berkarakter," harap Heru.

Heru pun menambahkan Kegiatan Bimtek Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Jenjang SMA/SLB Tahun 2023 Cabang Dinas Wilayah II Kabupaten Bangka yang dilaksanakan selama 3 hari di Parai Beach Resort.

Kegiatan ini dukung sepenuhnya oleh manajemen Parai Beach Resort  memberikan peluang khusus kepada peserta kegiatan Bimtek dorprize berupa kupon undian berhadiah.

"Hadiah utama umroh gratis, hadiah kedua paket tour ke tahilan dan hadiah ketiga paket tour malaysia masing untuk 2 orang peserta dan hadiah tersebut dapat dipindahtangankan bagi pemenang yang tidak bisa berangkat,  yang akan diundi pada tangga 5 oktober 2023 di eljhan TV yang disaksikan langusung oleh Kementerian Sosial, Kejaksaaan dan Kepolisian," kata GM Parai Beach Hotel & Resort Bangka, Melfery.*jh/bnb.


Berita Lainnya :
  • Tolak Revisi UU Penyiaran Yang Membelenggu Kebebasan Pers
  • SMPN 4 Pekanbaru Gelar Pelepasan dan Perpisahan Siswa/i Kelas IX Tahun 2024
  • Bunda Paud Pelalawan Sella Pitaloka,S.AP Hadiri Kegiatan Pelepasan Pawai Akbar dan TK se-Kecamatan Sei Kijang
  • Eggi Sudjana dan Andy Chandra: Harapan Baru DKI Jakarta dari Jalur Independen
  • Jemaah Calon Haji Kabupaten Pelalawan Dilepas Oleh Bupati Zukri Menuju Bandara Sultan Syarif Qasim, Pekanbaru
  • Apindo Banten Minta Audiensi dengan Ombudsman RI Bahas Kendala Industri
  • MODAL AWAL MELAKSANAKAN TUGAS, CPNS IKUTI ORIENTASI DI LINGKUNGAN LAPAS PEKANBARU
  • MOMEN BAHAGIA, 22 ORANG WBP LAPAS KELAS IIA PEKANBARU TERIMA REMISI KHUSUS WAISAK
  • Kejati Riau Angkat Suara Terkait Pemberitaan 'Enggan Usut Gedung Quran Center Lantaran Dapat Hibah'
  •  
    Komentar Anda :
       
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017