Follow Us:
07:55 WIB - Tolak Revisi UU Penyiaran Yang Membelenggu Kebebasan Pers | 23:52 WIB - SMPN 4 Pekanbaru Gelar Pelepasan dan Perpisahan Siswa/i Kelas IX Tahun 2024 | 08:26 WIB - Bunda Paud Pelalawan Sella Pitaloka,S.AP Hadiri Kegiatan Pelepasan Pawai Akbar dan TK se-Kecamatan Sei Kijang | 18:32 WIB - Eggi Sudjana dan Andy Chandra: Harapan Baru DKI Jakarta dari Jalur Independen | 14:57 WIB - Jemaah Calon Haji Kabupaten Pelalawan Dilepas Oleh Bupati Zukri Menuju Bandara Sultan Syarif Qasim, Pekanbaru | 12:09 WIB - Apindo Banten Minta Audiensi dengan Ombudsman RI Bahas Kendala Industri
/ Pekanbaru / Gubri Himbau Rimbawan Edukasi Bahaya Karhutla /
Gubri Himbau Rimbawan Edukasi Bahaya Karhutla
Minggu, 19 Maret 2023 - 22:29:36 WIB

TERKAIT:
   
 
PEKANBARU - Rangkaian Peringatan Hari Bakti Rimbawan Ke-40 Tahun 2023 di Provinsi Riau bertempat di Hutan Kota Pekanbaru, mengusung tema ”HIJAUKAN BUMI, BIRUKAN LANGIT”, kegiatan diawali dengan gotong-royong bersama oleh seluruh undangan, Minggu (19/03/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Mamun Murod, pada pembukaan acara menyampaikan “Kami mengajak seluruh Rimbawan di Provinsi Riau dan para pihak terkait, termasuk kelompok masyarakat untuk lebih memperhatikan pengelolaan sampah/limbah domestik di sekitar kita. Bapak Presiden RI menekankan isu persampahan saat memberikan arahan pada Seluruh Gubernur, dalam pembukaan Rakernas BPDLH beberapa waktu lalu di Jakarta.”

”Strategi keberhasilannya adalah dengan menjadikan Pola 3R, yaitu Reduce, Reuse dan Recycle, harus dapat ditanamkan, menjadi kepedulian, prilaku dan kebiasaan setiap kita. Pilah sampah organik dan anorganik, sehingga dapat dilanjutkan dengan Reuse dan Recycle. Kurangi penggunaan kemasan plastik dalam kegiatan sehari-hari. Tanpa tahapan ini, sampah akan terus menjadi PR besar bagi kita bersama. Perlu upaya sosialisasi, edukasi dan fasilitasi serta pendampingan yang intensif, masif dan berkelanjutan. Untuk itu sangat memerlukan komitmen dan kolaborasi seluruh unsur terkait”, tutur Kadis LHK.

Gubernur Riau Syamsuar yang juga hadir pada acara hari Bakti Rimbawan memberikan sambutan "bahwa tema “HIJAUKAN BUMI, BIRUKAN LANGIT”, tema ini mengandung evaluasi apa yang telah kita kerjakan bersama rimbawan, tema ini juga meneguhkan cara pandang rimbawan dan menggali sekaligus mengulangi memori kita disetiap rimbawan, pentingnya kita memperhatikan hutan alam selalu terjaga, selanjutnya Gubernur Riau mengingatkan, pada tahun ini ada tugas berat bagi rimbawan, karena diperkirakan akan terjadi musim kemarau kering.

Gubri Syamsuar berharap semua rimbawan dapat membantu pemerintah agar dapat juga memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan yg disebabkan oleh musim kemarau yg kering serta mengajak kepada masyarakat ikut serta dalam memperhatikan lingkungan sekitarnya”.

Selain itu Gubri menyampaikan hasil pertemuan nasional dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan arahan Presiden Republik Indonesia “salah satunya masalah sampah agar senantiasa menjadi perhatian kita bersama agar sampah dapat dikelola dengan baik dan menjadikan sumber ekonomi bagi masyarakat serta dapat menjaga lingkungan yang kita cintai ini”, Tutur Gubri.

Acara dilanjutkan dengan pembagian Bibit  Tanaman serbaguna kepada beberapa sekolah-sekolah, kelompok Bank sampah, dan penggiat proklim, serta masyarakat umum.

Dalam acara tersebut, adanya partisipasi  kegiatan CSR Lingkungan dari BRI Insurance melalui pembagian Sembako, bantuan Tempat Sampah dan gerobak dorong, bibit buah dan bibit tanaman obat.

Acara diakhiri dengan pelepasan burung dan penanaman bibit Pohon di Hutan Kota, serta peninjauan stand pengolahan sampah organik dan sampah non organik.

Hadir pada acara Hari Bakti Rimbawan ke-40 di Pekanbaru yaitu Branch Manager BRI Insurance Pekanbaru Bpk Anung Fajar Nugroho, Kepala P3E Sumatera dan seluruh perwakilan Kepala UPT KLHK di Provinsi Riau, jajaran Dinas LHK Provinsi Riau, serta para undangan lainnya.***


Berita Lainnya :
  • Tolak Revisi UU Penyiaran Yang Membelenggu Kebebasan Pers
  • SMPN 4 Pekanbaru Gelar Pelepasan dan Perpisahan Siswa/i Kelas IX Tahun 2024
  • Bunda Paud Pelalawan Sella Pitaloka,S.AP Hadiri Kegiatan Pelepasan Pawai Akbar dan TK se-Kecamatan Sei Kijang
  • Eggi Sudjana dan Andy Chandra: Harapan Baru DKI Jakarta dari Jalur Independen
  • Jemaah Calon Haji Kabupaten Pelalawan Dilepas Oleh Bupati Zukri Menuju Bandara Sultan Syarif Qasim, Pekanbaru
  • Apindo Banten Minta Audiensi dengan Ombudsman RI Bahas Kendala Industri
  • MODAL AWAL MELAKSANAKAN TUGAS, CPNS IKUTI ORIENTASI DI LINGKUNGAN LAPAS PEKANBARU
  • MOMEN BAHAGIA, 22 ORANG WBP LAPAS KELAS IIA PEKANBARU TERIMA REMISI KHUSUS WAISAK
  • Kejati Riau Angkat Suara Terkait Pemberitaan 'Enggan Usut Gedung Quran Center Lantaran Dapat Hibah'
  •  
    Komentar Anda :
       
     
    PT. Jean Seputar Indonesia
    Copyright © 2017